Join Us in the Fight for Net Neutrality — The WordPress.com Blog

The free and open internet depends on Net Neutrality. Join us in the fight to preserve it on July 12.

via Join Us in the Fight for Net Neutrality — The WordPress.com Blog

Bos, kenapa blog kau ini jadi lemot gini tiap dibuka ada logo loading muter-muter ga jelas?” Sinner tiba-tiba mengetok kamar Bocah itu menanyakan hal yang sangat menganggunya.

“kamu terganggu ya Sinner? Itu memang sengaja aku buat seperti itu Sin, untuk mendukung rekan-rekan di wordpress tentang kampanyenya akan Net Nutrality” Bocah itu membuka pintu dengan dandanan khas orang baru bangun tidur. Bekas liur sisa tidur masih terlihat jelas di pipi kanan bocah itu.

Net Nutrality? apa itu bocah?” Saint juga tertarik untuk mendengarnya.

“Aku juga tidak terlalu tahu sih, tapi dilihat dari artikel yang aku baca. Net neutrality menjamin bahwa semua manusia di U.S sana mendapatkan hak internet yang sama. Hak yang dimaksud ini seperti hak untuk untuk mendapatkan info di internet yang sama. Baik kamu membaca blog ini, atau kamu melihat barang yang menarik di bukalapak atau kamu sedang streaming lagu di spotify kamu berhak mendapatkan kecepatan yang sama. Tanpa adanya blocking ataupun menambah biaya lebih banyak untuk dapat mengakses konten yang ingin kamu lihat.”

oh iya iya bos, jadi maksudnya misalnya aku nih melihat youtube, nah tiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang untuk dapat mengakses youtube ya? tanpa ada blocking dari provider internet atau tanpa membayar biaya tambahan. Seperti itu kan bos?” Sinner coba memahami apa yang disampaikan bocah itu.

“hmm iya kasarannya seperti itu Sinner. Net Neutrality juga berarti memberikan kesempatan yang sama terhadap pebisnis, baik kecil maupun besar, kesempatan untuk meraih kustomer dan kesempatan untuk sukses. Net neutrality juga melindungi pentingnya kebebasan berpendapat daring dengan melarang provider internet untuk melambatkan atau memblock website yang mereka tidak setujui.” Bocah itu masih terlihat mengantuk sembari menjelaskan apa yang dia baca tadi pagi.

Bocah, apa ini sebuah gerakan dari Indonesia?” Saint kembali bertanya

“hmm sebenarnya ini aksi global Saint, memang aksi ini muncul dari dikeluarakannya wacana oleh FCC di U.S sana. FCC yang berarti Federal Communications Commission ya seperti mungkin ya MenKomInfonya Indonesia. Aksi ini meskipun berawal dari U.S bisa saja nanti bisa diadopsi di Indonesia. Kan jadi serem juga kan seandainya kita dalam mengakses internet mendapatkan banyak blocking dari Pemerintah. Seperti Tiongkok, mereka kan banyak memblock situs-situs luar seperti google dan facebook.”

Oh seperti itu. Tapi bocah seandainya pemerintah tidak bisa punya kekuatan untuk memblock situs-situs bukannya malah bahaya? situs porno bisa merajalela, situs penjualan barang terlarang bisa merajalela. Kan bisa bahaya untuk warga Indonesia Bocah?” Saint bertanya kembali ke Bocah itu menandakan keraguannya tentang aksi ini.

“Iya memang Saint. Tapi bukan itu maksudnya ko. Maksud dari Net Neutrality itu menjamin bahwa setiap orang mendapatkan hak yang sama akan akses internet. Pemerintah sendiri tetap memiliki kekuatan kok untuk memblock situs-situs yang dianggap tidak layak.”

Oh seperti itu, iya iya aku mengerti bocah” Saint mengangguk-angguk.

“Jadi kalian yang membaca blog saya hari ini akan mendapatkan tampilan seperti ini.”

1

“Tapi jangan khawatir, klik saja make it stop dan tampilan akan kembali seperti semula. Yaudah dadah ya aku mau tidur lagi sebentar lagi liburan selesai” Bocah itu naik kembali ke kasur

Bocah, artikel kau tentang Gender itu bagaimana?” Saint dan Sinner sama-sama bertanya.

“Berisik!” Bocah itu ketus.
Ingin tahu lebih banyak tentang Net Nuetrality. Cek disini.

Check out @ajplus’s Tweet: https://twitter.com/ajplus/status/885274559137456128?s=09

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s